Sabtu, 04 Agustus 2012

Mahasiswa ITB di SEAMOLEC

Batch 6 Seamolec ITB
Ini dia poteret mahasiswa yang lagi stress dan karena banyak tugas, yah gimana nggak stress nih daftar tugas tugas yang harus di kumpulkan :) :
1. Hari Minggu harus kumpulin 3D Gedung SEAMOLEC
2. Hari Senin Kirim E-Mail tugas pak Paul ( Bahasa Inggris )
3. Sebelum Libur tanggal 16 Agustus 2012 Harus udah jadi 3D Bangunan Sekolah tempat magang
4. Sebelum Libur tanggal 16 Agustus 2012 Harus Kumpul Game RPG beserta Buku tutorialnya :)
5. Menyusul
wah, yang ini belum kelar muncul tugas baru, ahhh biar aja kan stressnya Rame-Rame, Ayo kawan semangat, ini awal dari kesuksesan kita, Susah senang, tawa dan tangis kita rasakan bersama :)



Kamis, 02 Agustus 2012

UJian PJJ



NAMA : FITRIYANTI ABDULFATTAH                                                   JURUSAN : TKJ

1. Perbedaan Model Pembelajaran tatap muka dan jarak jauh

dari sudut pandang Pengajar :

Pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka mungkin lebih memudahakan karne beriteraksi langsung dengan peserta didik, dan bisa melihat bagaiaman proses pembelajaran peserta didik, serta penilaian yang diberikan guru tidak default hanya dari tugas-tugas tpi dari proses pembelajaran peserta didik. , selain itu pembelajaran tatap muka membuat pengajar mezrsakan bahwa ia memang benar-benar sedang mengajar. Dan ada beberapa di mata pelajaran tertentu yang membutuh pembelajaran secara interkasi langsung karna harus melihat dan bagaiaman sikap dari peserta didik contohnya peajaran konseling maupun penjaskes, ini membutuhkan kontak secara langsung antara pengajar dna peserta didik.

Untuk proses pembelajaran jarak jauh, guru dimudahkan dengan adanya suatu solusi dimana saat dalama 2 kondisi yang benar-benar sedang sibuk, seoang guru tetepa bisa ngajar kepada siswa nya tanpa meninggalkan aktivitas yang sedang di jalaninya, ini merupakan suatu hal baru bagi pendidikan indonesia untuk memudahakan para guru agar tetap bisa mnegjar walaupun dengan aktivitas yang full, contoh bila seoarang guru sedangan mengikuti pelatihan di luar kota dan teteap harus mengajaar anak didiknya makan solusi paling tepat yah PJJ dengan memanfatakan media teknologi sekarang ini.

Sudut pandang Peserta didik :

Dalam proses pembelajaran tatap muka siswa lebih mudah berkomunikasi langsung dengan pengajar dan benar merasakan bahwa sedang belajar, ya mungkin ini karena sudah terbiasa di budaya kita dengan pembelajaran yang harus face to face anatara pengajar dan pemebelajar.

Dengan Proses pembelajaran jarak jauh

Peserta didik di tuntut mandiri untuk belajar dan untuk peserta didik yang berada di daerah-daerah yang ingn belajar ke kota-kota besar seperti jakarta, bandung dll bisa dipermudah dengan PJJ karna tidak harus ke kampus tapi bisaterus belajar,ini menguntungkan para peserta didik selain bisa mengirit financial, jarak tak lagi menjadi alasan dalam belajar.

Bahan Ajar yang digunakan :

Bahan ajar yang digunakan bisa apa saja selama itu halal dan bermanfaat kan halal itu baik.

Contoh bahan ajar berbentuk modul yang harus di baca para peserta didik, maka dengan memanfaatkan teknologi media modul tersebut bisa di dowload oleh masing-masing peserta didik.

Tapi khusus untuk Pendidikan Jarak Jauh membutuhkan manajeman pendidikan yang khusus baik.


2. Karakteristik Media ICT
- Akses

- Biaya

- Teaching and Learning (proses dosenan dan pembelajaran)

- Interactivity (interaktifitas/komunikasi dua arah)

- Speed (kecepatan)


Media merupakan alat yang digunakan untuk menyampaiakan informasi, maka dari itu salah satu standar karakteristik proses belajar mengajar dalam PJJ yaitu media ICT yang bersifat memudahkan untuk dipakai belajar, (memudahkan disini maksudnya agar pengajar dan pembelajar dapat dengan mudah menggunakan media ICT yang bisa sama-sama saling menguntungkan baik pada sisi pengajar dan pembelajar), Media ICT yang interaktif, dan mampu menjadikan pelajar mandiri dan kaya akan sumber ilmu untuk dipakai belajar, yang bisa di akses buat perkumpulan para pelajar dimana saja, kapan saja, agar bisa berdikusi dan mengembangkan ide-ide yang dimiliki, itulah media yang di butuhkan dalam PJJ.



3. Faktor pendukung dan Kendala dalam perkembangan PJJ di indonesia

Banyak faktor yag mendukung dengan adanya PJJ ini baik dari segi teknologi , indonesia mulai mengembangakan metode PJJ ini, dan makin banyak universitas yang menerapakan kuliah e-learning,

SDM : sumber daya manusia di kota-kota bedar banyak yang bisa saling berbagi ilmu melalui PJJ dengan cara memanfaatkan media yang ada

Perijinan dari Permendikbud yang sudah memberikan ruang dan payung untuk mengembangkan PJJ yang swdang berjalan di indonesia lebih mempermudah ruang gerak agar metode PJJ ini mulai di terapkan agar para pemebelajar daerah bisa mendapatkan cara belajar yang sama dengan peserta didik yang ad adi kota-kota besar

Adapun beberapa kendala yang sering di jumpai di PJJ :

SDM yang banyak hanya ada kota-kota besar dn tidak tersebar di daerah-daerah maka sumber daya Manusia yang kurang paham dengan jariangan internet dan harus di latih dari awal,

Infrastruktur Media jaringan Internet yang belum bisa diakases di pelosok-pelosok daerah yang terpencil, karena indonesia adalah negeri dengan banyak pulau, maka kendala dalam Infrastruktur TI masih kurang bisa mencakup.

Masih menyebar isu di kalangan masyarakat apalagi yang di daerah bahwa metode pedidikan jarak jauh kurang efektif dalam proses pembelajaran. Karena tidak ada interaksi langsung antara pengajar dan peserta didik.

Detail: UJian PJJ

Latihan 4 Code Igniter Form Input dan Fungsi Delete


Latihan 4 merupakan terusan dari Latihan 2 di Postingan sebelumnya jadi bila agak bingung soal penempatan nama folder dsb silahkan lakukan Latihan 1 dan 2 terlebih dahulu.

pada news.php silahkan tambahkan source code seperti di bawah ini



ada penambahan form Validation  dan  Model insert, delete pada source code  silahkan masukan source code tersebut pada news.php


 pada ModelNews.php (folder Model) tambahkan model insert delete seperti pada source code dibawah ini



Buat file view_input.php dan simpan  pada folder view/ news
Ketikan Source Code berikut  : 

Silahkan coba di panggil di web browser "localhost/d4b6/news/input"

Masukan Title dan content lalu submit jika masuk data masuk akan tampil seperti ini  :

hasil inputan tadi sudah ter-record  ITB- Seamolec,

untuk mencoba fungsi delete siahkan klik hapus dan akan tampilan akan seperti ini :


Selamat Mencoba 



Pembelajaran Jarak Jauh

    Internet Koneksi Kita Semua
  1. Ada beberapa perbedaan di PJJ yang perlu kita ketahui, perbedaan tersebut dapat di klasifikasikan berdasarkan sisi pandang berikut :
o   Model Jarak Jauh
a.       Sisi Pengajar ( Dosen / Guru )
Yang unik dari sisi ini bisa kita lihat dari beberapa hal yaitu  seperti keahlian didalam bidan TIK, dimana kita ketahui bersama bahwa salah satu syarat dari PJJ yang Mutlak adalah menguasai Teknologi Informasi Komputer (TIK)
  • Pengajar PJJ memiliki kesabaran yang Ekstra dalam menghapdi mahasiswa ketika melaksanakan Pendidikan Jarak Jauh, karena mungkin saja waktu yang dimiliki oleh Pengajar berbeda dengan waktu yang dimiliki mahasiswa, terutama ketika akan mekaukan Ujian jarak jauh ( seperti hari ini contohnya “ Pak Timbul akan melaksanakan PJJ dengan salah seorang teman kami bernama Gempa, dimana pak Timbul mengadakan Ujiannya Jam sekarang , tapi Gempa bisanaya jam 10.00)
  •  Pengajar PJJ harus menguasai berbagai media yang diperlukan dalam PJJ ini, contohnya : memiliki E-mai, Akun Google+, Youtube,Skype Blog atau Facebook. Banyak sekali media yang ada , yang harus di kuasai oleh pengajar demi menunjang kinerjanya (contohnya “ pak Timbul menggunakan E-mail dan Facebook”) dalam proses belajar PJJ kami.
  • Pengajar harus tanggap akan kebutuhan Mahasiswanya , kenapa ? karena tidak boleh pengajar PJJ melalaikan E-mail dari mahasiswa, karena ini bisa membuat, smengat belajar mahasiswa berkurang, contoh “ Bila pak Timbul tidak me-Reply E-mail kami” semangat belajar kami akan Down. Hehehhehe
Selengkapnya baca disini Full via SCRIBD

Belajar E-Learning Menggunakan Media Youtube



Video diatas adalah contoh E-Learning, dan yang dibahas oleh video tutorial diatas membahas tentang bagaimana menyembunyikan FILE ke dalam PHOTO.

Latihan 4 Code Igniter

Latihan 3 Code Igniter

Kali ini kita belajar meng-upload data dengan menggunakan CI

buat 3 file .php
1. upload.php  -> sebagai controller (folder controller)
2.upload_form -> sebagai view (folder view)
3. upload_success-> sebagai view bila berhasil di upload (folder view)

 ketikan source code dibawah ini pada upload.php dan simpan di folder controller

pada source code diatas  kita harus membuat satu folder di dalam xampp/htdocs/d4b6 yang bernama "upload"  yang berfungsi sebagai tempat penampungan file yang di upload nanti. 



pada source code dia atas juga di batasin bahwa tye file yang di upload hanya sebatas file yang bertype gif, jpg, png, txt. bila ingin meng-upload file dalam type lainnya silahkan di tampabakan pada allowed_types.

 -  buat upload_form.php di folder view



buat upload_success.php di folder view :


coba panggil source code yang sudah di buat di web browser "localhost/d4b6/upload"


bila tampilan di web browser sudah seperti ini maka selamat anda telah berhasil
silahkan coba browser file yang ingin di upload, dan tampilan bahwa file berhasi di upload seperti di bawah ini.

viewing tcp paket

Viewing TCPPaket merupakan salah sati pokok pembelajaran dalam Jaringan Komputer, Mengenal istilah-istilah Jaringan, seperti OSI Layer dan TCP /IPLayer di video itukita belajar bagiaman cara kerja TCP/IP layer dari setiap layer mempunyai cara penyampain data yang berbeda, begitu pula dengan type data nya.

Belajar CI 4 / Upload Gambar

Berikut akan saya bagikan kepada teman-teman bagaimana cara upload gambar di codeIgniter , adapun cara cara yang harus kita lakukan untuk mengupload gambar adalah sebagai berikut ini :
Hmmm, namun sebelumnya Baca dulu Postingan Sebelumnya tentang CI.

DISINI

DISITU
DISANATautan
Silahkan di pelajari dulu, baru mempelajari ini, bukan maksud apa, apa, biar wawasan anda bertambah maksudnya :)

Belajar CI 3 / Insert ke database

Hellow Kawan Ketemu lagi, sekarang makin malam makin asik aja ngoprek ni CI, banyak sekali masalah yang di temukan, tapi pelan pelan pasti bisa kok, asalkan sabar dan teliti aja.
Berikut ini aku akan share tentang tutorial bagaiman INSERT data KE DATABASE. nah sekarang kita bahas samapai teler oke, mungkin nanti akan kita temukan kendala masing-masing, yang perlu diperhatikan ingat ketika meruning menggunakan browser ( lihat address localhost anda dengan baik ) pastikan dia ter-link-kan ke class yang telah anda buat, oke tanpa panjang lebar, berikut saya bagi tutorialnya :)
untuk mendownload dan mempelajarinya klik GAMBAR download :)



Belajar CI 2

Assalamualaikum wr.wb
Kali ini mari kita bahas bersama tentang CI, kemarin sudah sempat kita bahas tentang CI, jika ada yang belum membaca Silahkan Baca DISINI , sekarang kita akan membahas kelanjutan dari yang kemarin :
1. Kita akan membuat tombol hapus di CI
2. Membuat Form
3. Membuat set_rules
Bagaimana caranya, mari kita pindah layar ke SCRIBD tempat saya mengUPLOAD File nya :)


KLIK DISINI UNTUK PINDAH/DOWNLOAD :)
Detail: Belajar CI 2

Rabu, 01 Agustus 2012

Belajar CI

codeIgniter
Hello Semua kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana belajar CI dari awal, apa itu CI ? CI  merupaka salah satu jenis FRAMEWORK yang paling populer saat ini, para programer PHP saat ini masih di pandang sebelah mata. Maka dari itu saya himbau kepada seluruh Programmer PHP bukan bermaksud mengucilkan atau merendahkan kalian, saya juga Programmer PHP soalnya. " Mari kita belajar salah satu dari FRAMEWORK ini " baik itu CodeIgniter atau Simfony , banyak jenis FRAMEWORK yang bisa dipelajari kok. Tapi saya lebih memilih FRAMEWORK CodeIgniter saja karena OpenSource kawan :) . berikut ini tutorial dari CodeIgniter sederhana yang saya buat.

untuk mendownload CodeIgniter KLIK DISINI
untuk mendownload Tutorialnya KLIK DISINI
Detail: Belajar CI

Media Paling Bagus Untuk PJJ

Teknologi
What is the “best media”?
 
“It is the combined effect of good teaching, appropriate technology and a conducive environment that makes a difference in student achievement.”

Media yang paling bagus menurut saya adalah, IT atau teknologi. Kenapa? Karena teknologi tidak akan pernah mati dan tidak akan membuat siswa merasa bosan, dengan teknologi komunikasi antara pengajar dan siswa akan tetap berlangsung, walaupun dalam proses mengajar tidak bertatap muka.

Dengan media dan teknik mengajar yang baik, tentu akan berpengaruh terhadapa prestasi siwa untuk kedepannya, inilah yang diharpkan oleh PJJ.

Guru yang baik adalah guru yang menguasai Teknologi, karena teknologi adalah media yang selalu eksis sampai kapanpun. Bagaimana melakukan interaksi jarak jauh dengan siswa tanpa adanya teknologi, bagaimana caranya bertukar pikiran tanpa teknoligi. Nah dari hal itulah kenapa saya menyimpulkan media yang paling baik untuk saat ini dalam PJJ adalah teknologi.

Latihan 2 Code Igniter

Setelah mengerjakan latihan 1 kita lanjutkan ke latihan berikutnya
Masuk ke Folder xampp->htdoc->d4b6->application->controllers


Controller pada CI memiliki fungsi pengendali logic yang mengatur antara pemodelan database dan tampilan. Pada CI controller dibuat didalam folder system/application/controllers, dengan aturan pembuatan controller sebagai berikut :

"class News extends CI_Controller {
public function index()
{$data = array('title' => 'Test Title',
'heading' => 'Test Heading',
'message' => 'Test Message');
$this->load->view('view_header');
$this->load->view('view_news_show',$data);
$this->load->view('view_footer') }
public function show ()
{ $data['n'] = $this->ModelNews->getAllNews();
$this->load->view('news/view_show_page', $data);}
} " (hilangkan tanda kutip)



Untuk memudahkan silahkan copas source code yang ada di welcome.php dan gantikan nama welcome menjadi news.php, lalu rubah juga di dalam source codenya.


Selanjutnya ke folder View buat 3 file baru view_header.php, view_news_show.php, view_header.php dan pada folder news edit filename menjadi view_show_page.php

Membuat view sama seperti membangun html biasa. Karena view ini yang nantinya akan bisa digunakan untuk menampilkan dari layout aplikasi website yang akan dibangun












Pada file application/view/view_news_show.php:
















Buatlah table news :


"CREATE TABLE `db_d4b6`.`news` (`id` INT( 10 ) NOT NULL AUTO_INCREMENT PRIMARY KEY ,
`title` VARCHAR( 255 ) NOT NULL ,
`content` TEXT NOT NULL ,
`create` DATETIME NOT NULL ,
`udpate` TIMESTAMP NOT NULL ,
`delete` DATETIME NOT NULL
) ENGINE = INNODB; " (hilangkan tanda kutip)



Masuk ke Folder Model buat file ModelNews.php
Membuat class model hampir sama dengan membuat controller, hanya saja yang berbeda adalah parameter extends dan class parent nya. Model ini lebih didefinisikan sebagai sekumpulan fungsi yang bisa diakses oleh banyak controller.

"class ModelNews extends CI_Model {
function __construct()
{ parent::__construct(); }
function getAllNews(){
$q="SELECT * FROM news";
return $this->db->query($q);
}
} " (hilangkan tanda kutip)



Lalu tambahkan source code pada Autload.php

"$autoload['model'] = array('ModelNews'); "


Ganti source code application/view/news/view_show_page.php:
















Mari kita tes panggil melalui web browser


http://localhost/d4b6/news/show






Selamat Mencoba



Latihan 2 Setelah mengerjakan latihan 1 kita lanjutkan ke latihan berikutnya Masuk ke Folder xampp->htdoc->d4b6->application->controllers Controller pada CI memiliki fungsi pengendali logic yang mengatur antara pemodelan database dan tampilan. Pada CI controller dibuat didalam folder system/application/controllers, dengan aturan pembuatan controller sebagai berikut : 'Test Title', 'heading' => 'Test Heading', 'message' => 'Test Message'); $this->load->view('view_header'); $this->load->view('view_news_show',$data); $this->load->view('view_footer') } public function show () { $data['n'] = $this->ModelNews->getAllNews(); $this->load->view('news/view_show_page', $data);} } Untuk memudahkan silahkan copas source code yang ada di welcome.php dan gantikan nama welcome menjadi news.php, lalu rubah juga di dalam source codenya. Selanjutnya ke folder View buat 3 file baru view_header.php, view_news_show.php, view_header.php dan pada folder news edit filename menjadi view_show_page.php Pada file application/view/view_news_show.php: <?=$title;?>

Buatlah table news : CREATE TABLE `db_d4b6`.`news` (`id` INT( 10 ) NOT NULL AUTO_INCREMENT PRIMARY KEY , `title` VARCHAR( 255 ) NOT NULL , `content` TEXT NOT NULL , `create` DATETIME NOT NULL , `udpate` TIMESTAMP NOT NULL , `delete` DATETIME NOT NULL ) ENGINE = INNODB; Masuk ke Folder Model buat file ModelNews.php db->query($q); } } Lalu tambahkan source code pada Autload.php $autoload['model'] = array('ModelNews'); Ganti source code application/view/news/view_show_page.php: result(); ?>
List News
id?>
title?>
content?>
create?>

Mari kita tes panggil melalui web browser http://localhost/d4b6/news/show Selamat Mencoba
Detail:

Latihan 1 Code Igniter


Di postingan kemarin kita sudah mengenal apa itu CodeIgniter (CI)
Dan untuk kali ini mari kita coba latihan...
Untuk penjelasan sudah saya upload kan  dokumentnya  (postingan pengenalan CodeIgniter (CI))



Instalasi Framework CI

Setelah mendapatkan file kompresi CI, kemudian ekstrak dan ditempatkan di directory web servernya. Untuk contoh yang saat ini letakkan di directory c:\xampp\htdocs.


Note : jangan lupa untuk sekaligus mengcopy file .htaccess ke folder




Lakukan setting pada cofig.php yaitu dengan menambahkan base url pada source code :

"$config['base_url']= 'http://localhost/d4b6/'; " (line 17) (tanpa tanda kutip)
"$config['encryption_key'] = 'chici';" (line 227) (tanpa tanda kutip)




- Pada Folder D4B6 -> Application -> Config.php
Lakukan setting pada autoload.php yaitu dengan menambahkan source code :

"$autoload['libraries'] = array('database','session'); "(line 55)
"$autoload['helper'] = array('url','file');(line 67)"


- Pada Folder D4B6 -> Application -> Autoload.php

Lakukan setting pada database.php yaitu dengan mengisi hostname,username,password source code :






Silahkan tes di web browser Http://localhost/d4b6 





















Selasa, 31 Juli 2012

Blender untuk 3D


Blender
Karena sudah beberapa hari ini kita mengulik dan dibuat begadang oleh blender, ada baiknya kita mengetahui sejarahnya dari mana aplikasi ini berasal.
Blender adalah aplikasi 3D yang dapat digunakan untuk membuat grafis 3D interaktif, termasuk video game, film animasi, atau efek visual. Blender bersifat open source (gratis).
Dirilis sebagai perangkat lunak bebas di bawah GNU General Public License, Blender tersedia untuk sejumlah sistem operasi, termasuk GNU / Linux, Mac OS X, dan Microsoft Windows.
Pada tahun 1988 Ton Roosendaal mendanai perusahaan animasi yang bernama NeoGeo. NeoGeo berkembang pesat dan menjadi perusahaan animasi terbesar di Belanda ,bahkan Eropa.
Pada tahun 1995 muncullah sebuah software yang pada akhirnya dinamakan Blender. Setelah diamati ternyata Blender memiliki potensi untuk digunakan oleh artis –artis diluar NeoGeo. Lalu pada tahun 1998 Ton mendirikan perusahaan yang bernama Not a Number (NaN) Untuk mengembangkan dan memasarkan Blender lebih jauh. Cita – cita NaN adalah untuk menciptakan sebuah software animasi 3D yang padat, cross platform yang gratis dan dapat digunakan oleh masyarakat computer yang umum
Pada Juni 1998 , Roosendaal mendirikan NaN (Not a Number) untuk mengembangkan dan mendistribusikan program. Program ini awalnya didistribusikan sebagai shareware sampai NaN bangkrut pada tahun 2002.
Sayangnya ambisi NaN tidak sesuai dengan kenyataan pasar saat itu. Tahun 2001 NaN dibentuk ulang menjadi perusahaan yang lebih kecil NaN lalu meluncurkan software komersial pertamanya, Blender Publisher. Sasaran pasar software ini adalah untuk web 3D interaktif. Angka penjualan yang rendah dan iklim ekonomi yang tidak menguntungkan saat itu mengakibatkan NaN ditutup. Punutupan ini termasuk penghentian terhadap pengembangan Blender.
Karena tidak ingin Blender hilang , Ton Roosendaal mendirikan organisasi non profit yang bernama Blender Foundation. Tujuan utama Blender Foundation adalah mempromosikan dan mengembangkan Blender sebagai proyek open source. Pada tahun 2002 Blender dirilis ulang dibawah syarat – syarat GNU General Public License. Pengembangan Blender terus berlanjut hingga saat ini.
silahkan kunjungi situs resminya : http://www.blender.org/

Sejarah Java


Java
Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer Termasuktelepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ namun dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin aras bawah yang minimal. Aplikasi-aplikasi berbasis java umumnya dikompilasi ke dalam p-code (bytecode) dan dapat dijalankan pada berbagaiMesin Virtual Java (JVM). Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didisain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Karena fungsionalitasnya yang memungkinkan aplikasi java mampu berjalan di beberapa platform sistem operasi yang berbeda, java dikenal pula dengan slogannya, "Tulis sekali, jalankan di mana pun". 

Perkembangan Java
Bahasa pemrograman Java terlahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Goslingdan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang. Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai "*7" (Star Seven).
Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan Tv kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto. Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer. Mereka menjadikan perambah (browserMosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java.
Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemberitaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995. Sayang terjadi perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek,Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentukNetscape

Berikut merupakan Contoh source code Java ringan untuk pengenalan..

Source Code Java Menu ATM

Detail: Sejarah Java

Sekolah dan TIK

Mengapa sekolah membutuhkan TIK, coba bayangkan saja jika setiap sekolah di indonesia menerapkan ICT, mungkin saja tidak ada kesulitan dalam mengelola berbagai macam data yang ada di sekolah, mari renungkan apabila :

1. Data / administrasi harus menggunkan IT / berbasis database
2. Penggunaan Email oleh setiap guru.
3. Refrensi tidak terbatas / internet
4. Setiap  Menguasai Komputer
5. Sekolah memilik alat atau media komputer cukup

 inilah tugas dari para mahasiswa, kalo bisa merombak smeua sistem, dan mengganti sistem dengan yang baru terutama menggunakan ICT.


Membuat Berita Sederhana Dengan PHP dan MySQL

Gambar PrnScr
Ini jawaban dari tugas yang diberikan oleh bapak " Sajarwo " Mohon Maaf Kalo Belum Sempurna " soalnya ngerjainnya gak berkelompok, kelompok lagi gak bisa ketemu, soalnya Kos mereka jauh dan mungkin pada capek dan butuh istirahat :)
berikut link download-nya :)

SEDOT GAN !!

Batch 6 Itu Unik

Piala Bergilir
Bagi saya Batch 6 ini adalah orang orang yang sangat unik, mungkin memiliki keahlian masing masing kali ya, dari sidki menyidik berikut ini keunikan dari kawan-kawan :
Di Peringkat teratas orang terunik ialah :

  1. Dio : Dio adalah orang sambas, kalo makan itu harus Habis, kalogak habis katanya bukan orang sambas. Gile tu ciri-ciri orang yang selalu bersyukur atas  nikmat Tuhan. 
  2. Fikri : Siapa yang ngira kalo Fikri si orang "Palembang" ini baca do'a buka Puasa itu sebanyak 3 kali, mungkin saja doa Wudhu juga 3 Kali, atau semua Do'a mungkin dibaca dia 3 kali. Subhanallah :)
  3.  Tulus : Si anak "Medan" ini tidak bisa bilang "R" secara baik dan benar, jadi kalo ngomong Unik, Lucu tapi asik di denger :)
  4. Syahrir : Mahasiswa yang satu ini pejuang yang keras, punya misi dalam setiap kehidupannya, kalo gak percaya, buktinya dia udah bisa Java OOP :)
  5. Dhany : Pak Wakil Ketua ini sangat unik, hahah wajahnya Imut, tampangnya polos, tapi siapa yang tau kalo dia ternyata menyimpan sesuatu yang lucu, hahaha tanya aja "Om Getar" hahaha.
Mungkin itu saja ya untuk sementara, besok kita lanjutkan lagi siapa saja Mahasiswa terunik Versi Majalah Pelajar Mania :)

*/Kalo tersinggung langsung aja komentar**/

Operator PHP



 Operator

Dalam PHP, operator dibagi menjadi 4 yaitu Arithmatic Operator, Assignment Operator, Comparison Operator dan Logical Operator.

  • Arithmatic Operator
Arithmatic Operator digunakan untuk melakukan perhitungan matematika.

Operator
Deskripsi
Contoh
Hasil
+
Penjumlahan
x=6, x+10
         16
-
Pengurangan
x=10, 13-x
3
*
Pengalian
x=10, 2*x
20
/
Pembagian
5/2
2.5
%
Modulus(Sisa Pembagian)
5%2
1
++
Increment
x=7, x++
8
--
Decrement
x=7, x--
6

  • Assignment Operator
Assignment Operator digunakan untuk mengisi nilai pada variabel.

Operator
Contoh
Sama Dengan
=
x = y
x = y
                   +=
x += y
x = x+y
                   -=
x -= y
x = x-y
*=
x *= y
x = x*y
/=
x /= y
x = x/y
.=
x .= y
x = x.y
%=
x %= y
x = x%y

  • Comparison Operator
Digunakan untuk membandingkan nilai dari dua operator. Jika benar akan menghasilkan TRUE, jika salah akan menampilkan FALSE.

Operator
Deskripsi
TRUE
FALSE
==
sama dengan
2 == 2
2 == 3
!=
tidak sama dengan
2 != 1
2 != 2
<> 
tidak sama dengan
2 <> 1
2 <> 2
lebih besar
2 > 1
1 > 2
lebih kecil
1 < 2
1 < 2
>=
lebih besar dan sama dengan
2 >= 1
1 >= 2
<=
lebih kecil dan sama dengan
1 <= 2
2 <= 1
  •  Operator Logical
Logical Operator digunakan untuk membandingkan dua nilai variabel yang bertipe boolean. Pada operator AND, maka dua kondisi yang dibandingkan harus bernilai benar. Pada operator OR, maka dua kondisi yang disbanding harus salah satunya benar.

Operator
Deskripsi
TRUE
FALSE
&&
and
x = 8
x = 8


y = 5
y = 5


(x > 5 && y < 8)
(x > 10 && y < 3)
||
or
x = 8
x = 8


y = 5
y = 5


(x == 8 || y == 5)
(x == 5 || y == 8)
!
not
x = 8
x = 8


y = 5
y = 5


!(x==y)
!(x==8)
Detail: Operator PHP
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 BLOG BATCH 6 SEAMOLEC is proudly powered by blogger.com | Design by Batch 6 Seamolec Published by Template Blogger