Kamis, 07 April 2011

Kondisi If dan Else pada HTML/PHP

LHeloo para pelajar mania, dalam materi program kali ini, kita akan mempelajari masalah KONDISI, yaitu If, elseif dan switch, ini bukan dalam bahasa pascal , C, delphi atau VB tapi ini dalam bahasa HTML. Mari simak yang dibawah ini semoga bermanfaat.


PERCABANGAN IF
Bentuk Umum Percabangan pada bahasa HTML sebagai berikut :

if (kondisi)
{....pernyataan/statement yang dikerjakan bila kondisi dipenuhi;
}

untuk memahami lebih lanjut silahkan perhtikan contoh script berikut ini :

....if ($nilai >= 54)
{
print "Anda LULUS"."
;
}
?>
....


PERCABANGAN IF ELSE
Bentuk umum percabgangan ini adalah sebagai berikut :

if (kondisi)
{
...pernyataan/statment yang dikerjakan bila kondisi tak terpenuhi ;
}
else
{
...pernyataan / statment yang dikerjakan bila perintah tak terpenuhi
}


untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut ini :

....
$nilai = 60;
if ($nilai >=54)
    { $ket="Anda LULUS";}
else
{$ket="Anda gagal";}
print ("Keterangan =$ket)
?>
...

PERCABANGAN IF ELSE IF
Bentuk umumnya adalah

if (kondisi)
{
...pernyataan/statment yang dikerjakan bila kondisi tak terpenuhi ;
}

elseif (kondisi2)
{
...pernyataan/statment yang dikerjakan bila kondisi tak terpenuhi ;
}

else
{
....
}

Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut ini :

....
$nilai=95;
if ($nilai>85)
{
print ("ket=A";)
}
elseif ($nilai>=70)
{
print ("ket=B";)
}
elseif ($nilai>=55)
{
print ("ket=C";)
}
elseif ($nilai>=40)
{
print ("ket=D";)
}
else
{
print ("ket = E")
}
?>
....

PERCABANGAN SWITCH

Bentuk umumnya adalah :

switch (pilihan)
{
case kondisi 1 :
......pernyataan/statment yang dikerjakan bila kondisi tak terpenuhi ;break;
}
{case kondisi 2 :
......pernyataan/statment yang dikerjakan bila kondisi tak terpenuhi ;break;
}
....
default :
{
...
}

untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut ini :

...
$nilai=95;
switch ($nilai)
{
{
case $nilai >=84:
print ("keterangan = A");
break;
}
{
case $nilai >=70:
print ("keterangan = B");
break;
}
{
case $nilai >=55:
print ("keterangan = C");
break;
}
{
case $nilai >=30:
print ("keterangan = D");
break;
}
default :
print ("Keterangan = E";)
}
?>
...

Demikian dari saya , semoga bermanfaat, baca materi yang selanjutnya.

Senin, 04 April 2011

MEMBUAT GAME JAVA SENDIRI

Jika pengan nyoba game bikinan sendiri.?
Punya waktu luang sepulang kantor membuat ke isengan saya muncul secara tiba-tiba, dari pada mubazir saya isi dengan membuat game j2me untuk di jalankan di handphone. Pembuatannya yang memakan waktu cukup lama, sedikit mengganggu hidup juga lho, soalnya sempet BT juga kalo banyak error dimana mana. Hasilnya memang tidak begitu bagus sie, karena saya tidak punya ilmu desain grafis, tapi setidaknya game java ini bisa cukup Jmenghibur untuk beberapa menit kedepan.
1. Install Netbeans
2. Jalankan Netbeans sehingga muncul layar utama IDE
3. Klik menu File | New Project
4. Pilih Java – Java Application
5. Beri nama Project AppHelloWorld dan hilangkan pilihan Create Main Class, karena kita langsung membuat main class pada form Hello World
6. Klik kanan pada Project yang baru dibuat, pilih New | JFrame Form…
7. Beri nama Form yang baru dibuat dengan nama frmHelloWorld. Klik finish. Kita akan diberi satu buah form yang bisa didesain secara leluasa.
8. Jika di IDE Visual Basic kita mengenal Toolbox, di Netbeans kita mendapatkan sesuatu yang mirip dengan nama Pallete
9. Drag dan drop komponen Button dari Pallet ke form yang baru kita buat sehingga muncul 1 buah tombol dengan text jButton1
10. Klik kanan pada tombol tersebut dan pilih Change Variable Name. Ubah nama tombol menjadi btnHello
11. Klik kanan lagi pada tombol dan pilih Edit Text. Ganti text menjadi Hello World
12. Klik kanan lagi juga (hehehe…) pada tombol dan pilih menu Events | Actions | actionPerformed. Event ini bisa diumpamakan sebagai event Command_Click pada Visual Basic
13. Kita akan mendapatkan layar kode. Ketikkan kode berikut :
14. view plaincopy to clipboardprint?

Selamat, anda sudah membuat 1 buah program aplikasi yang akan menjadi langkah awal kecintaan anda pada Java . Mengapa saya menggunakan JOptionPane dan bukannya Label untuk sekedar menampilkan tulisan Hello World ? Karena JOptionPane ini akan banyak kita gunakan pada tutorial mendatang. Kalau sekedar Label, semestinya tanpa perlu setting macam-macam kita sudah bisa.


**Dari sumber lain 

Terimakasih Kunjungannya, semoga bermanfaat.

Karakter spesial HTML

Penjelasan Script HTML
Nomer Nama Nilai Keterangan
1 Left Tampilan Text akan rata kiri pada layar komputer
2 Right Tampilan Text akan rata kanan pa layar komputer
3 Center Tampilan Text akan berada di tengah-tengah
4 Justify Tampilan Text akan rata kiri dan rata kanan
Kode Warna HTML
Nomer Nama Nilai Warna
1 #000000 Merah
2 #FFFFF Putih
3 #A9A9A9 Abu - Abu
4 #006400 Hijau Tua
5 #FF8C00 Oranye Tua
6 #8B0000 Merah Tua
7 #9400D3 Ungu Tua
8 #90EE90 LightGreen
9 #D3D3D3 LightGray
Kode Karakter spcial
Nomer Nama Nilai Warna
1 &nbsp Spasi
2 &lt <(Lass Then / Lebih Kecil Dari )
3 &gt >(Greater Then / Lebih besar dari )
4 &amp & (tanda Dan )
5 &micro ยต
6 &quot "kutip ganda"
7 &copy © Copy Right (hak cipta)
8 &plusmn ± (Kurang lebih)

Minggu, 03 April 2011

Kode CMD

Berikut ini adalah contoh interaksi dengan CMD ( Command Prompt Panda Windows XP,Vista atau windows 7 :
1. ipconfig /all
Menampilkan informasi konfigurasi koneksi, misalnya Host Name, Primary
DNS Type, Ethernet Adapter LAN.
2. ipconfig /flushdns
Menghapus DNS Cache
3. ipconfig /release
“Menghapus” semua koneksi IP Address.
4. ipconfig /renew
Membuat IP Address baru untuk adapter tertentu.
5. ipconfig /displaydns
Menampilkan DNS Cache.
6. ipconfig /registerdns
Melakukan refresh DNS dan meregister kembali koneksi DNS.
7. ipconfig /showclassid
Menampilkan informasi DHCP Class.
8. ipconfig /setclassid
Mengubah DHCP Class ID
9. control netconnections
Menampilkan Network Connection.
10. nslookup
Mengetahui alamat ip address dari nama domain yang di tuliskan
11. netstat
Menampilkan informasi koneksi TCP/IP yang sedang aktif.
12. route
Menampilkan local route.
13. hostname
Menampilkan nama komputer.
14. ping
Contoh: ping www.finderonly.com adalah digunakan untuk Melakukan test koneksi
ke situs www.finderonly.com. Semakin sedikit % loss-nya maka semakin baik koneksinya.
15. tracert
Menampilkan informasi IP Address route.
Detail: Kode CMD

JAVA I

Di dalam Java, modul program dimodelkan, dirancang dan ditulis sebagai obyek. Kerangka berpikirnya berbeda dengan pemrograman tradisional. Pemrograman tradisional memisahkan antara data, dan prosedur yang mengolah data tersebut. Sedangkan di dalam Java, data dan prosedur ini dipadukan sebagai sebuah obyek Merupakan contoh menuliskan obyek …
Persiapan
Buat sebuah directory untuk bekerja, misalnya /home/lab/myjava.
Langkah
Langkah ke-1
Tulis MyDouble.java, simpan di directory yang sudah dipersiapkan.
MyDouble.java
public class MyDouble

{

private double d;
public MyDouble(double d)
{
this.d = d;
}
public MyDouble add(double x)
{
this.d += x;
return this;
}
public MyDouble subscribe(double x)
{
this.d -= x;
return this;
}
public MyDouble multiply(double x
{
this.d *= x;
return this;
}
public MyDouble divide(double x)
{
this.d /= x;
return this;
}
public String toString()
{
return String.valueOf(d);
}
}
Langkah ke-2
Tulis MyDoubleApp.java, simpan di directory yang sudah dipersiapkan.
MyDoubleApp.java
public class MyDoubleApp
{
public static void main(String[] args)
{
MyDouble myDouble = new MyDouble(7.5);
myDouble
.add(12.5).divide(5)
.subscribe(2.5).multiply(100);
System.out.println(myDouble);
}
}
Langkah ke-3

Buka sebuah terminal, dan change directory ke directory kerja tersebut
Langkah ke-4
Compile …
$ javac MyDoubleApp.java
akan dihasilkan MyDoubleApp.class dan MyDouble.clas
Langkah ke-5
Launch …
$ java MyDoubleApp
150.0 
Detail: JAVA I
◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2011 BLOG BATCH 6 SEAMOLEC is proudly powered by blogger.com | Design by Batch 6 Seamolec Published by Template Blogger